Playground: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://ejurnal.iaiqh.ac.id/index.php/playground <p style="text-align: justify;">Journal of Islamic Education Early Chilhood atau disebut dengan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, diterbitkan oleh Program Studi PIAUD, Fakultas Tarbiyah, IAI Qamarul Huda Bagu NTB. playground: Journal of Islamic Education Early Chilhood merupakan jurnal profesional yang hanya berfokus pada ruang lingkup tentang isu-isu Pendidikan Anak Usia Dini baik yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, hubungan anak dengan keluarga dan masyarakat, kebijakan pemerintah terhadap pendidikan anak usia dini, pengamatan tentang penilaian, lingkungan, kurikulum, kesehatan, administrasi maupun manajemen. Playground jurnal yang diberuntukan bagi para akademisi, praktisi anak usia dini, lembaga pemerintahan dan non pemerintahan serta para penelitilainya yang didedikasikan untuk pendidikan anak usia dini mulai sejak lahir sampai usia delapan tahun.</p> en-US aahmadsanusiii23@gmail.com (Ahmad Sanusi) pgraku@gmail.com (Angga) Tue, 17 Jun 2025 07:26:35 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK 5-6 TAHUN MELALUI KETELADANAN https://ejurnal.iaiqh.ac.id/index.php/playground/article/view/191 <p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, ketelanan orang tua dalam kehidupan sehari-hari dan perilaku yang dicerminkan oleh anak melalui perilakunya sebagai pengembangkan moralitas anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (<em>Library research</em>), dengan pendekatan kualitatif yakni merujuk pada jurnal dan buku . Objek dan subyek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak namun akan di kaji secara literatu bukan studi lapangan. Perolehan data dalam penelitian dilakukan secara literatur. Analisis data dalam penelitian adalah menggunakan <em>content analysis</em> dengan menarik kesimpulan dan implikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa keteladanan orang tua memiliki pengaruh yang tinggi dalam mengembangkan moralitas anak melalui kehidupan sehari-hari.</p> muhamad amiin ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iaiqh.ac.id/index.php/playground/article/view/191 Tue, 17 Jun 2025 00:00:00 +0000 TEKHNIK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGECAP MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS A RA ARIF RAHMAN HAKIM SELAKAN DESA SINTUNG KECAMATAN PRINGGARATA https://ejurnal.iaiqh.ac.id/index.php/playground/article/view/192 <p><strong>Abstrak</strong> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mengecap menggunakan bahan alam pada peserta didik Kelas A RA Arif Rahman Hakim Selakan, Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 anak usia 4–5 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mengecap menggunakan bahan alam seperti daun, bunga, dan potongan sayuran secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada pra siklus, persentase ketercapaian indikator motorik halus sebesar 40%. Setelah pelaksanaan siklus I, meningkat menjadi 66,7%, dan pada siklus II mencapai 86,7%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan mengecap dengan bahan alam efektif dalam melatih koordinasi tangan, kekuatan jari, serta kreativitas anak. Dengan demikian, kegiatan mengecap menggunakan bahan alam dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di lingkungan RA.</p> muhamad Maimun ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.iaiqh.ac.id/index.php/playground/article/view/192 Tue, 17 Jun 2025 08:32:26 +0000