Bagaimana Tantangan Pembelajaran Peserta Didik Di Sd Negeri Repok Puyung Pada Era Generasi Revolusi Industri

  • Addin Hidayat Pendidikan Agama Islam, Fakultas tarbiyah, Institut Agama Islam Qamarul Huda, Mataram, Indonesia
  • Syarifuddin Syarifuddin Institut Agama Islam Qomarul Huda
  • Lale Aprihatin Diana Safitri Institut Agama Islam Qomarul Huda
Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Tantangan Pembelajaran, Resolusi Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif  kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian untuk melihat tantangan pembelajaran peserta didik di SD Negeri Repok Puyung pada era generasi revolusi industri 4.0. sampel  penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 23 orang dari banyaknya populasi 121 dan 1 orang guru. Peneliti mengambil penelitian di SD Negeri Repok Puyung, desa mekar bersatu, kecamatan batukliang, kabupaten lombok tengah, -NTB. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dan wawancara dengan guru pendidikan agama islam menunjukkan bahwa tantangan pembelajaran di SD Negeri Repok Puyung yakni kurangnya minat belajar dan perhatian peserta didik pada mata pembelajaran pendidikan agama islam. Hal ini di karenakan peserta didik sudah kecanduan hanphone, bermain sosial media, game online, saling buli, dan bolos sekolah.

 

References

Abdul aziz, “Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era 4.0”, article, vol 2, nomor 3 2022

Abdul hadi, “prndidikan islam dan tantangan di era revolusi 4.0”, artikel, vol.11. nomor 1 (2022)

Ahmad, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. International Religious Journal of Education, Vol. 5(2), 123-135.

Albi Aggito dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi. CV Jejak, 2018),hal.7

Fikri Farikhin, “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA”, ICHES, Volume3. Nomor 1, 2024

Habiburrahman, S.Pd.I, Guru PAI, wawancara di ruangan guru SDN Repok Puyung. Selasa 6 Agustus 2024

Hidayat, A. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Industri 4.0. Jurnal Tahdzib al-Akhlaq, Vol. 4(3), 67-80.

Ismail. S, Febrianto, Persepsi Guru Agama Islam Terhadap Pendidikan Berbasis Syari’ah di Sekolah Dasar, jurnal EL-QIST Volume 3, nomor 3. Tahun 2023.

Liza Kuratu A’yuni, Nur Rahmah Suryani, M. Tahir, Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Pembelajaran Edutainment di Kelas V SDN 6 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024, Jurnal el-Huda: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan Volume 15, nomor 1 tahun 2024

Mamik, Metodologi Kualitatif, (Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2014), hal.105

Mulyadi, S. (2022). Pendidikan Islam dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam & Reformasi, Vol. 7(1), 45-58.

Rukin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, metodologi Penelitian Kualitatif (Takalar: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2019), hal.6

Senah, Nurul Kemala Dewi, Bq. Mariana, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Jam Sudut di Kelas III SDN 15 Mataram, Jurnal el-Huda: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Volume 15. Nomor 1 tahun 2024.

Susanti, PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK, eL_Huda, Volume 12, Nomer 02/2021

Undang-undang Republik Indonesia No 20, tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIKDIKNAS), Citra Umbara, Bandung, 2003. hal 6-7.

Wawancara dengan bapak Muhammad Azmi, Kepala Sekolah SD Negeri Repok Puyung, Selasa, 13 Agustus 2024

Zainudin, KONSEP PEMIKIRAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA, eL_Huda, Volume 13, Nomer 01/2022

Published
2025-06-23