Membangun Karakter Religius Berbasis Tasawuf: Refleksi Pemikiran Ibnu ‘Arabi dalam Pendidikan Agama Islam Kontemporer
Abstract
Artikel ini mengkaji relevansi dan potensi pemikiran transformatif tasawuf Ibnu 'Arabi dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter religius yang utuh. Berlandaskan konsep Insan Kamil sebagai manusia ideal yang memantulkan atribut Ilahi, penelitian ini menekankan bahwa integrasi nilai-nilai tasawuf ibnu 'arabi dapat menjembatani keterpaduan yang selama ini muncul antara nilai-nilai spiritual Islam dan kebutuhan zaman modern. Dengan metode analisis kualitatif berdasarkan studi literatur, artikel ini menawarkan model integrasi kurikulum dan pedagogis yang menyinergikan dimensi spiritual, moral, intelektual, dan sosial, guna menghasilkan generasi yang tidak hanya cakap secara akademik tetapi juga matang secara spiritual dan luhur secara moral. Hasil penelitian ini menekankan urgensi transformasi sistemik dan holistik dalam PAI agar dapat menjawab tantangan zaman dan membentuk pribadi yang siap berkontribusi bagi umat dan peradaban.
References
Aisyah, & M.Ali. (2018). Pendidikan Karakter: konsep dan implementasinya. Prenada Media.
Alfian Khairani. (2013). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2). doi:https://doi.org/10.18592/jtipai.v3i2.1860
Arsil, & Aprison, W. (2024). KONSEP INSAN KAMIL MUHAMMAD IQBAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Jurnal PerspektifAgama DanIdentitas, 9(12), 7–14.
Asrofi, A., Hamilaturroyya, H., & Purwoko, P. (2025). ASESMEN PEMBELAJARAN PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI HOLISTIK UNTUK PENGUATAN NILAI SPIRITUAL DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(2), 9–21. doi:10.51878/strategi.v5i2.4839
Ciputri, O., Safitri, O., & Panotogama, M. N. (2025). Islamic Education Curriculum Design Based on Sufism. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 1–16. doi:10.54150/thawalib.v6i1.584
Darmawan, & Nurdin. (2025). SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA 4.0. HOLD Jurnal Studi Islam, 02(01), 21.
Hadi, A., Anim, S., & Yasin, H. (2024). Integration of Islamic Principles and Modern Educational Theories in Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 16(2), 1385–1398. doi:10.37680/qalamuna.v16i2.6105
John W. Creswell, J. D. C. (2017). RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative. and Mixed Methods Approaches. London: SAGE Publications.
Miftahul Jannah. (2019). METODE DAN STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS YANG DITERAPKAN DI SDTQ-T AN NAJAH PONDOK PESANTREN CINDAI ALUS MARTAPURA. Al-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1).
Nurdiono, & Harisman, M. (2024). STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PESANTREN. HOLD Jurnal Studi Islam, 1(02), 81–88.
Riinawati, & Ngalimun. (2022). Implementation of Character Education in Islamic Perspective at School. Journal of Positive Psychology & Wellbeing, 6(1), 561 – 566. Retrieved from https://journalppw.com/
Sri Minarti. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.
Waskito, P. (2021). Relevansi Ajaran Tasawuf Bagi Kehidupan Muslim di Era Modern. El-Tarbawi, 14(1), 1–24. doi:10.20885/tarbawi.vol14.iss1.art1
Wirayanti, Erna, Cherawati, & S, K. (2024). Metode Pendidikan Tradisional Pesantren dalam Membina Akhlak Santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424–437. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.13896925
Wiwaha, K. S. (2024). Urgensi Mencapai Insan Kamil di Zaman Modern. Jurnal Penelitian Agama, 25(1), 35–52. doi:10.24090/jpa.v25i1.2024.pp35-52





