Liteasi Sains Siswa dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan liteasi sains dari siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda sebanyak 27 orang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan profil kemampuan literasi sains sains siswa selama proses pembelajaran dan mengacu pada indicator Ennis tentang berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi didalam kelas pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA Terpadu) kemudian dianalisis menggunakan 3 indikator menurut PISA yakni Mengidentifikasi masalah / pertanyaan ilmiah, Menjelaskan fenomena ilmiah dan Menggunakan bukti ilmiah. Hasil analisis data menunjukan ada 3 kriteria yakni “baik” sebanyak 9 siswa atau sekitar 33,3 %, kategori “Cukup” sebanyak 15 siswa atau 55,6 % , sedangkan 3 siswa atau 11,1 % dengan kategori “kurang”. Hal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
References
Amin, M., & Fibrianto, S. (2025). Perilaku Sosial Anak di Tk Darutta’lim Lendang Bao dan Interaksi Antar Teman Sebaya. At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 26-34.
Abdullah, M. (2019). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran sains di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145–160.
Abuddin Nata. (2014). Integrasi ilmu dan agama dalam pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bybee, R. W. (1997). Achieving scientific literacy: From purposes to practices. Portsmouth, NH: Heinemann.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Fibrianto, S. (2024). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Kimia pada Madrasah Aliyah di Lombok Tengah. Jurnal el-Huda, 15(02), 68-73.
Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a measure of scientific literacy for middle school students. Science Education, 98(4), 549–580. https://doi.org/10.1002/sce.21115
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4(3), 275–288.
Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it's here to stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317–334). Cambridge: Cambridge University Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nugraheni, D. (2021). Implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 22–33.
OECD. (2018). PISA 2018 assessment and analytical framework: Science, reading, mathematics and financial literacy. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en
Rohmawati, N. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 89–98.
Rustaman, N. (2016). Pembelajaran sains dan literasi sains di sekolah dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, R. (2020). Strategi pengembangan budaya literasi sains di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Madrasah, 9(1), 54–65.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.15005
Yuliani, R. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan literasi sains siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 135–142.
Zarkasi, A., & Fibrianto, S. (2022). Students'critical Thinking Skills In Class Teacher's Learning On Science Materials At Mts Rantok Qamarul Huda. At-Ta'dib (Jurnal Pendidikan Islam), 2(01), 89-97.





