Pengaruh Metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ‎pada Mata Pelajaran Matematika

  • Sry Wahyuni Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Qamarul Huda, Indonesia
  • Sutrisno Fibrianto Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Qamarul Huda, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9541-5660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI MI Qur’aniyah Batu Kuta pada mata pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2025/2026. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,09 dan meningkat menjadi 81,52 pada post-test. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 47,39 menjadi 66,52. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₁ diterima. Dengan demikian, metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas VI MI Qur’aniyah Batu Kuta.

References

Adi, S., & Hidayat, A. T. (2025). Pembinaan Mental dan Emosional Santri Era Digital Studi Kasus di Pondok Pesantren Islahul Huda Lombok Barat. At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 52-69.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Insight Assessment.

Fitrianti, F. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1).

Kagan, S. (2017). Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Ngatini. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan, 9(3).

Paul, R., & Elder, L. (2014). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life. Boston: Pearson.

Setyorini, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT terhadap Keaktifan dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fibrianto, S. (2023). PERSEPSI GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN BERBASIS SYARI’AH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal el Qist, 3(02), 52-58.

Fibrianto, S., Hendayana, S., Supriatna, A., & Oktasari, C. (2021, May). How Sharing and Jumping Task affect to student interaction in chemistry learning. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.

Fibrianto, S. (2020). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SHARING DAN JUMPING TASK PADA MATERI IKATAN KIMIA. UPI. Diakses dari https://core. ac. uk/download/pdf/346339128. pdf.

STUDENTS'CRITICAL THINKING SKILLS IN CLASS TEACHER'S LEARNING ON SCIENCE MATERIALS AT MTs RANTOK QAMARUL HUDA

Amin, M., & Fibrianto, S. (2025). Perilaku Sosial Anak di Tk Darutta’lim Lendang Bao dan Interaksi Antar Teman Sebaya. At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 26-34.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.

Bishop, A., FitzSimons, G., Seah, W. T., & Clarkson, P. (2018). Values in Mathematics Education. Melbourne: AARE Annual Conference.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Insight Assessment.

Fitrianti, F. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1).

Gokhale, A. A. (2017). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7(1).

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperative Learning: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Kagan, S. (2017). Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Ngatini. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan, 9(3).

Paul, R., & Elder, L. (2014). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life. Boston: Pearson.

Setyorini, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT terhadap Keaktifan dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory into Practice. Boston: Pearson.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tishman, S., & Andrade, A. (2018). Teaching Thinking Dispositions. Educational Psychologist, 53(3).

Uno, H. B. (2017). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (2015). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Walker, R. (2020). Active Learning in Mathematics Classrooms. Journal of Educational Research, 14(2).

Wibowo, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal EduMat, 12(4).

Yuliani, D. (2023). Pengaruh Metode NHT terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Cendekia Pendidikan, 11(2).

Zarkasi, A., & Fibrianto, S. (2022). Students'critical Thinking Skills In Class Teacher's Learning On Science Materials At Mts Rantok Qamarul Huda. At-Ta'dib (Jurnal Pendidikan Islam), 2(01), 89-97.

Zimmerman, B. J. (2018). Self-Regulated Learning: Theories, Measures, and Outcomes. Journal of Psychology, 25(1).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan, 21(2).

Published
2025-10-30