TEKHNIK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGECAP MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS A RA ARIF RAHMAN HAKIM SELAKAN DESA SINTUNG KECAMATAN PRINGGARATA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mengecap menggunakan bahan alam pada peserta didik Kelas A RA Arif Rahman Hakim Selakan, Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 anak usia 4–5 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mengecap menggunakan bahan alam seperti daun, bunga, dan potongan sayuran secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada pra siklus, persentase ketercapaian indikator motorik halus sebesar 40%. Setelah pelaksanaan siklus I, meningkat menjadi 66,7%, dan pada siklus II mencapai 86,7%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan mengecap dengan bahan alam efektif dalam melatih koordinasi tangan, kekuatan jari, serta kreativitas anak. Dengan demikian, kegiatan mengecap menggunakan bahan alam dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di lingkungan RA.

